Prosesor Intel dengan Grafis AMD

By:

Intel dan AMD sejak lama saling bersaing satu sama lain. Tapi kali ini mereka saling berkolaborasi dalam membesut chipset untuk notebook.

Jadi ceritanya, dalam ajang CES 2018, Intel memperkenalkan jajaran prosesor baru. Nah dalam prosesor tersebut akan dibekali grafis AMD Radeon X Vega M.

Kombinasi prosesor Intel dan grafik AMD, menjanjikan para gamer pengalaman mendalam saat bermain. Ini karena perpaduan tersebut cocok untuk menikmati konten gaming virtual reality atau VR.

Sementara jika tersemat di laptop, diklaim akan membantu dalam pembuatan konten juga. Pengguna akan mampu memiliki pengalaman yang lebih mulus saat membuat gambar 3D, mengedit video di rumah, kantor maupun perjalanan.

Intel menawarkan dua varian grafis AMD, yakni Radeon RX Vega M GL dan GH. GL dihadirkab untuk perangkat laptop karena memiliki speed clock dan hardware grafis yang rendah.

Kecepatan GL 932 MHz dan 1.011 MHz dengan 20 compute unit. Sementara GH punya kecepatan 1.063MHz dan 1.190MHz has 26 compute unit. Sehingga varian ini akan diperuntukkan bagi desktop kecil seperti Intel NUC.

Varian GL akan bisa ditemukan di prosesor generasi kedelapan Intel Core i5 dan Core i7. Sedang GH hanya tersedia di prosesor Intel Core i7 saja.

Laptop dengan modul RX Vega M GL dijanjikan punya kecepatan lebih kencang 1,4 kali dari Nvidia GTX 1050 saat bermain Hitman. Sementara grafis RX Vega M GH diklaim memiliki performa hingga 10% lebih cepat daripada NVIDIA GTX 1060 yang berjalan pada mesin dengan CPU Core generasi ke-7.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *