Kini Foto di Instagram Bisa ‘Digembok’

By:

Jika foto-foto yang diposting di Instagram kurang “laku” alias kurang banyak mendulang like atau tampak membosankan, pengguna seringkali berlaku impulsif dan langsung menghapusnya.

Namun tak jarang, perbuatan ini disesali kemudian. Tak cuma merugikan pengguna, namun juga merugikan Instagram dari potensi memonetisasi konten dan rekam jejak gambar yang bisa mengikat pengguna pada layanannya.

Jadi, Instagram mengeluarkan fitur baru yang disebut “archive”.

Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan postingan tertentu dari mata pengguna lainnya. Alih-alih hilang selamanya, postingan ini akan disimpan agar bisa dilihat secara pribadi. Konten yang di archive juga bisa diposting kembali jika perlu.

Pengguna bisa menyembunyikan postingan yang performanya kurang oke, merombak ulang tampilan profil tanpa kehilangan foto lama, menghilangkan foto-foto mantan, atau menyembunyikan foto untuk berbagai alasan lain bisa dengan mudah dilakukan. Ini juga bisa jadi solusi bagi para selebritis yang ingin rehat dari media sosial namun ingin kembali di kemudian hari.

Fitur ini masih dalam tahap pengetesan. Juru bicara Instagram menyebutkan bahwa, “Kami selalu mengetes cara baru untuk meningkatkan pengalaman ber-Instagram.”

Fitur ini memberikan pengguna sebuah ruang pribadi untuk melihat koleksi-koleksi lama foto mereka. Nantinya, fitur ini akan tersedia secara bertahap bagi pengguna dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini dilakukan sembari Instagram terus memperbaiki kenyamanan penggunaan fitur tersebut.

Untuk menggunakan fitur Archive, buka laman profil Anda. Pilih foto dan temukan titik tiga “…” dibagian kanan atas foto. Ketuk untuk membuka pilihan menu. Pilih Archive dan foto pun hilang dari pandangan publik.

Agar bisa mengakses foto yang di-archive, buka laman profil dan temukan logo Archieve yang seperti bentuk jam di pojok kanan atas. Foto yang tersimpan di laman ini bisa diposting ke publik kembali. Cukup pilih foto yang diinginkan, buka menu pada opsi titik tiga di kanan atas foto. Pilih opsi Show on Profile.

Fitur ini membantu masalah pengguna Instagram yang disadari tahun lalu. Pengguna Instagram berpikir layanan ini hanya untuk memamerkan hal-hal baik dalam hidup seseorang.

Awalnya, hal ini coba ditangani Instagram dengan pilihan Instagram Stories yang meniru Snapchat. Namun, hal ini tak jadi solusi untuk konten-konten yang tak ingin dilihat publik. Sekali foto dihapus, ia tak bisa kembali.

Sayangnya, Anda masih belum bisa langsung mengepos foto dan menyimpannya secara pribadi seperti yang bisa kita lakukan di Path. Fitur ini juga bisa ditemukan di Memories Snapchat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *