Kiat memilih layanan penitipan server

By:

Bagi pelaku bisnis digital, server merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Server merupakan pusat aktivitas bisnis yang berisi fail sistem dan data yang memungkinkan layanan digital berjalan dengan baik dan dapat dinikmati para pengguna.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menginvestasikan modalnya untuk mendapatkan server yang andal dan sesuai kebutuhan perusahaan. Pemilihan tempat penyimpanan server juga sama pentingnya dengan memilih jenis server yang akan digunakan. Jika tidak disimpan di tempat yang aman dan memadai, maka kinerja server dapat terganggu atau rusak.

Saat perusahaan memutuskan untuk menempatkan server ke tempat penitipan (co-location server) atau data center, maka ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih layanan penitipan server untuk memastikan server tetap aman dan berfungsi dengan baik. Silakan simak beberapa kiat berikut ini.

Lokasi dan fasilitas

Server merupakan perangkat elektronik yang menghasilkan panas saat bekerja, karena itu tempat penitipan server yang dipilih harus memiliki fasilitas pendingin dan pengatur kelembapan. Server yang mengalami panas berlebih dapat mengakibatkan performa server menjadi lambat sehingga dapat mengganggu kelancaran bisnis.

Selain itu, lokasi penitipan server harus memiliki fasilitas rak penyimpanan yang memadai serta bertempat di lokasi yang aman dari banjir, gempa bumi, dan huru-hara. Hal lain yang harus diperhatikan adalah konektivitas dan suplai listrik di lokasi penitipan server. Jika dirasa tidak memadai maka sebaiknya mencari tempat penitipan lain.

Tingkat keamanan

Sebagai aset digital yang sangat berharga, server harus ditempatkan di lokasi yang memiliki standar keamanan yang tinggi. Lokasi tempat penyimpanan server harus dipantau dengan kamera CCTV dan aksesnya terbatas bagi orang yang tidak berkepentingan. Lingkungan data center juga harus diawasi oleh tim keamanan selama 24 jam penuh agar terhindar dari pembobolan.

Selain itu, keamanan secara kelistrikan juga wajib menjadi perhatian utama. Pastikan data center yang dipilih memiliki instalasi kelistrikan yang rapi sehingga terhindar dari korsleting yang dapat mengakibatkan server rusak atau terbakar. Terakhir, pastikan data center memiliki firewall dan anti virus yang selalu diperbarui agar koneksi ke server ke perusahaan tetap aman dan terhindar dari penyusupan virus dan hacker.

Layanan pelanggan

Untuk mendukung layanan penitipan server yang dapat diandalkan, penyedia layanan wajib memiliki layanan pelanggan yang dapat diandalkan. Pastikan data center memiliki staf IT yang kompeten dan mudah diajak berdiskusi. Sehingga, pengguna layanan data center dapat berkonsultasi langsung dengan staf IT saat membutuhkan informasi atau bantuan teknis.

Sebagai pertimbangan jangka panjang, perusahaan sebaiknya mulai merencanakan untuk memiliki tempat penyimpanan server sendiri. Dengan begitu server dapat dipantau secara internal dan akan memudahkan proses perawatan dan peningkatan server di masa mendatang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *