Apa Kabar FJB Kaskus? Ini Jawaban ‘Mimin’

By:

Sempat menjadi platform transaksi daring paling populer, Forum Jual-Beli (FBJ) Kaskus saat ini seperti hilang dari peredaran. Keberadaan mereka kini tenggelam oleh raksasa e-commerce lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada, yang agresif memasarkan layanannya.

FJB Kaskus seakan menyerah menghadapi persaingan ketat di ranah e-commerce. Seakan tak peduli, mereka tak memasang iklan maupun upaya pemasaran lainnya.

Terkait soal ini, pendiri Kaskus Andrew Darwis punya jawabannya. Andrew membeberkan penyebab dari semua kesan di atas adalah orientasi bisnis Kaskus tidak diarahkan menjadi e-commerce.

Kaskus yang kini tergabung dalam grup GDP Ventures, perusahaan ventura di bawah naungan Grup Djarum, digariskan berfokus di bidang komunitas. Sementara Blibli yang satu grup dengan Kaskus di GDP menjadi ujung tombak di bidang e-commerce.

Akibat arah bisnis tersebut, Kaskus tidak punya uang berpromosi gila-gilaan seperti halnya pemain e-commerce lain.

“Kita untuk biaya di situ (pemasaran FJB) agak jaga-jaga sih, jadi memang tidak difokuskan ke sana,” ujar Andrew saat ditemui di Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2017 di BSD, Banten, Selasa (9/5).

Imbas dari arah bisnis demikian adalah pengguna yang sebelumnya mengandalkan lapak FJB untuk bertransaksi online pindah hati ke situs lain. Namun Andrew tidak mempersalahkan itu. Sebab kendati mereka hanya memakan porsi kue pangsa pasar yang jauh lebih kecil dibanding sebelumnya, masih ada peningkatan jumlah pengguna FJB.

“Dibilang perkembangannya menurun, memang menurun. Tapi pengguna baru pun meningkat walaupun kalau dibandingkan dengan yang lain ya tetap lebih kecil,” ucap pria yang akrab disapa penghuni Kaskus dengan sebutan Mimin ini.

Andrew pun masih tetap optimis FJB Kaskus masih bisa bertahan menghadapi himpitan persaingan pasar e-commerce dalam negeri.

Dengan status Kaskus sebagai forum komunitas, Andrew menyatakan saat ini mereka sedang fokus bersih-bersih forum dari konten hoax. Untuk mengatasinya, Kaskus memakai sistem pelaporan konten hoax oleh pengguna yang ditindaklanjuti oleh moderator forum. (evn)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *